Friday, August 18, 2017

Melihat Kemegahan Masjid Al-Furqon


Masjid Agung Al-Furqon Bandar Lampung.ist

Melihat Kemegahan Masjid Al-Furqon

Dari kejauhan bangunan masjid Alfurqon yang terletak di Jln Diponegoro terlihat begitu megah dan menawan. Padatnya kendaraan yang melintasi jalan utama itu seolah menjadi salah salah satu penenang ketika mulai menginjakan kaki di halaman masjid terbesar di Bandar Lampung itu.
Menaranya yang tinggi serta bentuknya juga unik. Dari jalan raya kedudukan masjid terlihat lebih tinggi menambah kesan unik dan menawan bangunan masjid.

Tepat di halaman masjid bertuliskan Masjid Agung Al-Furqon dicat warna yang berukuran besar itu ditempatkan diantara taman-taman bunga berukuran kecil lengkap dengan ornamen batu alamnya yang menambah pesona kekaguman masjid.
Memasuki jalan menuju masjid, terlihat ornamen kaligrafi Islam terlukis pada dinding tembok. Beberapa pohon palem raja berjajar rapi di hadapannya. Tanaman peneduh nan rindang juga terlihat di jalan masuk itu.
Gambar wali songo yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa itu juga diabadikan melalui gambar yang terpahat rapi didinding menuju masjid.

Belum puas menikmati pemandangan dari luar masjid, jamaah akan dimanjakan keindahan serta keagungan masjid dari dalam. Pesona kaligrafi berlafadzkan nama-nama Allah terukir indah mengelilingi setiap sudut ruangan. Kaligrafi serta pahatan kayu yang dicat warna cokelat keemasan semakin mewarnai keindahan isi masjid. Lampu hias yang berukuran cukup besar dengan bohlam yang menampakan bentuk kepalanya tidak lepas dari pemandangan dari dalam masjid. Suasana sejuk dan dingin langsung menyeruak dari balik pintu-pintu dan jendela. Tinggi nya bangunan dan kokohnya dinding yang menambah kesejukan masjid meski tanpa pendingin ruangan.

Salah satu jamaah Sulaiman mengatakan, cukup sering sholat berjamaah di Masjid ini, terutama hari Juma't dan sholat duhur. " Suasana enak dingin, jadi bisa duduk liatin pemandangan dari ketinggian," ujar salah satu pegawai di pemkot Bandar Lampung itu. (Nur) 

sumber : lampost.co

0 comments:

Post a Comment